“UFO” di Bantul hanya pantulan sinar matahari

JAKARTA, KOMPAS.com — Penampakan unidentified flying object (UFO) kembali terjadi di Indonesia. Pengamat penerbangan, Dudi Sudibyo, melihatnya secara langsung dari dalam pesawat yang ditumpanginya dan bahkan sempat merekam beberapa foto objek misterius itu dengan kameranya. Peristiwa tersebut terjadi pada 16 Oktober 2009 saat Dudi dalam penerbangan dari Jakarta menuju Yogyakarta menggunakan pesawat Lion Air Boeing 737-900ER dengan nomor penerbangan JT552.

===cut===

Berdasarkan uji lapangan yang dilakukan oleh Edy Susanto, koordinator BETA-UFO Jakarta, dipastikan bahwa foto UFO yang terlihat di ujung sayap Lion Air di pemberitaan tersebut (juga diberitakan di majalah Angkasa (edisi Nopember 2009), hanya pantulan cahaya matahari yang terkena di sayap dan terpantul ke jendela pesawat.

Berikut adalah foto dari kabin pesawat sejenis pada tanggal 20 Februari 2010, pukul 11:38. Saat itu Edy Susanto dengan istri sedang berlibur. Ketika pulang kembali ke Jakarta, Edy mencoba mencari posisi yang paling mendekati dengan foto yang diambil oleh Dudi Sudibyo.


Saat matahari menyinari ujung sayap yang melengkung berwarna orange itu, terlihat ada titik cahaya sangat terang pada permukaan sayap orange tersebut. Karena bentuk ujung sayap yang melengkung inilah yang mengakibatkan adanya 3 titik cahaya. Pantulan itu yang kemudian terarah ke jendela pesawat sehingga seolah di langit ada 3-6 cahaya yang ditafsirkan sebagai UFO.

Saat di lokasi, setelah mencoba bergeser dari beberapa posisi, titik tersebut mengikuti. Mengkonfirmasi bahwa cahaya itu benar hanya pantulan sinar matahari.

Salah seorang member BETA-UFO, Daroji M, mengemukakan bahwa saat naik pesawat Lion Air 737-900ER dengan sayap yang melengkung, ia juga melihat hal yg sama sewaktu di dalam kabin pesawat. Viewnya pas mirip dengan di foto tersebut. Mungkin hal ini disebabkan karena pantulan jendela di sisi sebelahnya yang di dalam kabin dan kaca jendelanya yang 2 lapis dalam dan luar jadi ada pantulan yang dobel. Pemandangan ini bisa disalah interpretasikan sebagai UFO, padahal sebenarnya hanya pantulan sinar saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s